Konsep Dasar Multimedia
Multimedia terdiri dari kata multi dan media. Multi
berarti banyak dan media adalah alat untuk menyampaikan, misal: media cetak,
media elektronik, dan lain-lain. Oleh karena itu, multimedia dapat diartikan
sebagai sekumpulan gambar, teks, animasi atau suara yang mengandung informasi.
Beberapa contoh komponen multimedia :
Audio
Kemampuan dasar bunyi yang harus dimiliki oleh PC
multimedia yaitu :
- Membuat dan mensintensis bunyi
- Menangkap bunyi dari media external
- Mengendalikan bunyi yang dibuat dari instrument elektronik misalnya MIDI
- Memainkan kembali bunyi tersebut lewat speaker atau media lainnya
Jenis – jenis format audio:
- Uncompressed : WAV, AIFF
- Lossless compression : FLAC
- Lossy compression : MP3, AAC, WMA
Komponen pada audio : frekuensi, amplitudo, timbre,
dan peach
VIDEO
Merupakan teknologi untuk menangkap, merekam,
memproses, mentransmisikan ulang gambar bergerak. Komponen video terdiri dari:
- Frames per second : merupakan jumlah frame per detik. Semakin banyak jumlah frame per detik, maka kualitas videonya akan lebih bagus. FPS yang menyebabkan terjadinya perubahan pada video, pergerakan yang terlihat.
- Aspek Ratio : merupakan perbandingan lebar dan tinggi. Tinggi gambar digunakan untuk tentukan jarak pandang, setiap detail gambar ditampilkan dalam pixel
- Resolusi : jumlah pixel yang digunakan, semakin besar resolusi yang digunakan, maka akan memberikan gambar yang lebih tajam
- Bit Depth : merupakan ukuran pixel untuk menghasilkan warna, semakin tinggi depth yang digunakan, warna yang dihasilkan akan lebih tajam. (depth dalam bitmap)
- Bit Rate : suatu ukuran kecepatan bit suatu data dari suatu tempat ke tempat lain, diukur dengan Kbps dst. Semakin besar bit rate nya semakin halus gambar yang akan dihasilkan.
Komponen pada video : resolusi, bit rate, fps, dan
aspect ratio.
Tipe format audio:
- Uncompressed : Suara masih polos, tidak ada kompress, apa adanya. Contohnya di Windows WAV, pada umumnya ukuran file relatif besar
- Format with lossless compression : Ada kompresi untuk mengecilkan ukuran file, yaitu dengan pengurangan bit rate (spektrum). Contohnya Flac (biasanya digunakan untuk merekam suara)
- Format with lossy compression : Kompresi paling besar dilakukan, untuk mengurangi ukuran file, kompresi dilakukan untuk menghilangkan suara yang tidak berguna. Biasanya sizenya tidak terlalu besar. Contohnya mp3, aac, owg (linux), wma (windows)
Software: Winamp, RealPlayer, Windows Media Player,
QuickTime, JetAudio, iTunes dll
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996),2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,
1996), 3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002), 4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001), 5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Multimedia sangat dimanfaatkan di dunia bisnis dan kerja. di dunia bisnis,multimedia dipakai sebagai profil perusahaan, profil produk bahkan sebagai media promosi sebuah produk. sedangkan di dunia pendidikan,multimedia dipakai sebagai pengajaran di sekolah-sekolah bahkan di universitas.
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996),2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,
1996), 3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002), 4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif
yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001), 5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,
grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Multimedia sangat dimanfaatkan di dunia bisnis dan kerja. di dunia bisnis,multimedia dipakai sebagai profil perusahaan, profil produk bahkan sebagai media promosi sebuah produk. sedangkan di dunia pendidikan,multimedia dipakai sebagai pengajaran di sekolah-sekolah bahkan di universitas.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar